Silahkan kunjungi Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, Gedung Mohammad Hatta yang terdapat di tengahnya bangunan Candi Kimpulan.

Wednesday, January 6, 2010

Ekavator Memulai Pengerukan

Sementara itu, Indung Panca Putra dari BP3 Yogyakarta menyatakan apresiasi dan terima kasihnya atas sikap pimpinan universitas yang menunjukkan komitmen pada perlindungan artefak budaya. Seperti yang disampaikan Rektor UII sebelumnya, sikap UII yang akan memindahkan lokasi pembangunan perpustakaan bila memang bangunan di lokasi adalah candi, menurut Indung sangat tepat.
Bahkan menurutnya akan menjadi nilai tambah bagi UII sebagai kampus Islam yang di dalamnya nantinya terdapat peninggalan dari agama lain, dalam hal ini kemungkinan Hindu. Indung juga menyatakan BP3 menginginkan agar seluruh proses bisa berjalan dengan cepat, sehingga baik UII maupun pihaknya sama-sama dapat bekerja dengan baik. Secara teknis, BP3 telah siap untuk melaksanakan penelitian dan langkah lanjutan. Namun demikian, BP3 secara administratif tetap harus berkomunikasi dengan pihak pelaksana proyek.
Indung bersama tim BP3 Yogyakarta kembali ke lokasi penemuan untuk melakukan rapat dengan pihak pembangunan gedung. Tim pelaksana proyek gedung perpustakaan dari Badan Wakaf UII yang diketuai Ir. Ilman Noor, MSCE., bersama BP3 membicarakan kelanjutan proses eksavasi. Hasilnya, mulai besok pagi (15/12) pihak UII sepakat untuk melakukan penggalian sedalam 2 meter di sejumlah lokasi untuk memastikan potensi candi untuk dipugar.
“Pak Ilman dari Badan Wakaf UII sudah sepakat besok eksavator akan digunakan untuk mengeruk tanah sedalam dua meter,” Indung menjelaskan. Adapun arah yang dituju terutama pada selatan dan timur lokasi penemuan didampingi petugas BP3 yang akan membantu mengarahkan. Dari hasil yang nantinya diperoleh, Indung menjelaskan tim BP3 akan memperoleh data arkeologi yang melalui serangkaian tahapan dapat disimpulkan potensi.
“Jika dilihat dari struktur bangunan, memang tampak sangat potensial untuk pemugaran,” Indung menjelaskan gambaran singkat bagian candi yang ditemukan. Batuan andesit yang digunakan dan juga ukirannya menurut Indung menunjukkan potensi bangunan yang ditemukan. Namun demikian, Indung menegaskan bahwa keputusan dilakukannya pemugaran sangat ditentukan hasil penelitian lanjutan yang nanti dilakukan.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More